Kamis, 21 Februari 2019

mekanisme reaksi eliminasi E1


Mekanisme Reaksi  Eliminasi E1

Reaksi elimsi E1 atau eliminasi unimolekuler dapat didefinisikan sebagai suatu reaksi kimia yang memisahkan dua subsituen dengan mekanisme reaksinya dua tahap dari suatu molekul. Dimana masing masing tahap terdiri dari ionisasi (dihasilkan zat karena pemutusan ikatan karbon-halogen antara karbokation) dan deprotonasi karbokation. 

Pada sebagian alkil halida sekunder dapat saja berlaku reaksi eliminasi unimolekuler, akan tetapi alkil halida tersier  yang sering ataupun umum berlakunya reaksi eliminasi. Reaksi eliminasi E1 ini umumnya berlansung pada kondisi basa. Reaksi yang mirip dengan reaksi eliminasi unimolekuler ini adalalah reaksi SN1 yang mana pada dua  reaksi ini antara karbokationik yang umum terjadi pembagian zat, akan tetapi jika kedua reaksi tersebut diadu maka E1 lebih disukai karena adanya peningkatan panas.

            Mekanisme reaksi eliminasi unimolekuler seperti yang telah saya sebutkan diatas kedua reaksi ini memiliki kesamaan dan begitupun dengan mekanismenya, dimana suatu basa pada reaksi eliminasi dapat terjadi pemberian proton oleh karbokation.

Pada tahap pertama reaksi ini berjalan lambat, dimana dari reaksi keseluruhan tahap ini merupakan tahap penentu laju dari reaksi eliminasi uninolekuler yang hanya bergantung pada konsentarasi alkil halidanya.

Tahap cepat pada reaksi ini terjadi pada tahap kedua, dimana karbon yang letaknya didampingi oleh karbon  positif  yaitu sebuah atom carbon direbut sebuah protonnya oleh basa. Terjadi rehibrisasi pada karbon yang mengubah dari kondisi sp3 menjadi sp2 karena pergeseran pada elektron ikatan sigma karbon hidrogen kearah muatan positif sehingga alkena dapat terbentuk.


Permasalahan:
  1. Apa yang dimaksud dengan unimolekuler sehingga reaksi eliminasi E1 dapat disebut juga reaksi eliminasi unimolekuler?
  2.  Kepada tahap cepat terjadi pada tahap kedua dan tidak pda tahap pertama? 
  3. Dapatkah reaksi eliminasi unimolekuler ini berjalan pada keadaan asam ataupun keadaan sealain basa?




3 komentar:

  1. Saya Neng early Oktavia
    Nim A1C117044
    Akan coba menjawab permasalahan no 1

    Menurut saya unimolekuler artinya satu molekul atau molekul yang tunggal. Lalu mengapa E1 disebut reaksi unimolkuler ?
    Karena menurut saya pada reaksi E1 ini hanya substrat yang bereaksi membentuk karbokatian pada tahap pertama. Artinya hanya satu mol pereaksi yang bereaksi dan hanya satu pereaksi yang dijadikan sebagai penentu laju reaksi.

    BalasHapus
  2. Saya ulin ayu wulandari (A1C117024)
    Akan coba menjawab permasalahan no 3
    Menurut saya reaksi E1 dapat berjalan dalam keadaan basa karena karbokation akan memberikan suatu proton kepada basa dalam reaksi eliminasi E1, sehingga reaksinya berubah menjadi alkena.

    BalasHapus
  3. Saya muhammad habib (A1C117012)
    Akan mencoba menjawab permasalahan no 2
    Menurut saya rekasi cepat terjadi pada tahap kedua tapi tidak tahap pertama karena pada tahap pertama ada pembentukan karbokation dan terjadinya gugus pergi, sehingga lambat. Kalo tahap kedua cepat karena hanya terjadi diprotonasi
    Sekian jawaban saya terimakasih

    BalasHapus

mekanisme reaksi bersaing SN2 dan E2

Mekanisme Reaksi Bersaing S n 2 dan E2 Hallo semuanya, sebelumnya kita telah membahas mengenai mekanisme reaksi bersaing S N 1 dan E...